Rabu, 09 Maret 2016

Rumah Ada ini Sangat Unik dan Menarik

Pernahkah kamu memperhatikan rumah adat yang ada di Indonesia?
Indonesia memiliki 33 provinsi. Paling tidak, sebanyak itu jugalah rumah adat yang ada di nusantara.
Setiap daerah memiliki rumah adat masing-masing. Ketiga rumah adat di bawah ini memiliki keunikan masing-masing:

Rumah Gadang
Siapa yang tak kenal Rumah Gadang? Rumah adat dari Sumatera Barat ini sudah dikenal hampir seluruh masyarakat Indonesia. Bentuknya yang khas membuatnya mudah dikenali.
Bagian atap bangunan ini sebelah kanan dan kirinya berbentuk runcing seperti tanduk kerbau. Dahulu, atap Rumah Gadang terbuat dari ijuk dan dapat bertahan hingga puluhan tahun. Saat ini, bagian tersebut sudah terbuat dari seng.
Bagian dalamnya berupa lanjar, yang jumlahnya tergantung besar rumah. Ada yang dua, tiga, atau empat. Juga, terdapat ruang yang jumlahnya selalu ganjil, antara tiga hingga sebelas.
Di halaman depan rumah terdapat dua buah bangunan yang disebut rangkiang. Fungsinya adalah untuk menyimpan padi.
Tongkongan

Adalah rumah adat yang terdapat di Toraja. Tongkonan berasal dari kata “tongkon”, yang berarti duduk bersama-sama. Bentuk rumah adat ini, kedua ujungnya melengkung seperti perahu. Dahulu, bagian atap terbuat dari bambu. Kini, terbuat dari seng, seperti Rumah Gadang.
Tongkonan bagian dalam digunakan sebagai dapur dan tempat tidur. Di bagian depan terdapat “alang” atau lumbung padi, yang terbuat dari batang pohon palem. Rumah adat ini juga biasa digunakan untuk menyimpan jenazah.
Rumah Panggung
Rumah adat ini berada di daerah Jambi dan sering juga disebut dengan Kajang Leko. Bagian dalam rumah terdiri atas 8 ruangan.
Pertama, jogan. Di sini adalah tempat untuk menyimpan air dan sebagai tempat beristirahat anggota keluarga. Kedua, serambi depan. Ruangan ini khusus untuk menerima tamu laki-laki. Ketiga, serambi dalam. Fungsinya untuk kamar tidur anak laki-laki. Keempat, amben melintang, yaitu kamar tidur untuk pengantin. Kelima serambi belakang. Ditempati sebagai kamar tidur anak perempuan yang belum menikah. Keenam adalah laren, tempat untuk menerima tamu perempuan. Ketujuh, garang, tempat mengolah makanan dan menyimpan air, dan kedelapan adalah dapur untuk memasak makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar