Jumat, 11 Maret 2016

Pantai Pesona Rupat Mirip Pantai Sanur

Pantai Pesona Pulau Rupat adalah nama yang diberikan masyarakat Pulau Rupat Utara, Bengkalis, Riau di Pulau Rupat yang memanjang dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka Malaysia.
Pantai ini dahulunya memiliki nama yang berbeda-beda sesuai penamaan dari warga masing-masing desa yaitu Pantai Tanjung Lapin, Pantai Tanjung Rhu maupun Pantai Tanjung Punak.
Pulau Rupat sendiri memiliki luas 1.524,84 km2, yang sebenarnya merupakan gabungan 4 pulau yang seakan-akan menyatu menjadi sebuah pulau. Terdiri atas 2 kecamatan yaitu Kecamatan Rupat dan Kecamatan Rupat Utara.
Kecamatan Rupat berada di selatan Pulau Rupat dan memiliki 10 desa yaitu, Makeruh, Batu Panjang, Hutan Panjang, Pangkalan Nyirih, Pergam, Sei Cingam, Sukarjo Mesim, Tanjung Kapal, Terkul, dan Teluk Lecah.
Kecamatan Rupat Utara seperti namanya, berada di utara Pulau Rupat dan memiliki 5 desa yaitu Kadur, Tanjung Medang, Tanjung Punak, Teluk Rhu, dan Titi Akar.
Kedua kecamatan ini memiliki potensi yang berbeda-beda. Kecamatan Rupat Utara memiliki potensi wisata air dengan pantai pasir yang sangat indah. Pantai inilah yang disebut Pantai Pesona Pulau Rupat Utara yang menjadi objek pengembangan wisata pantai Kabupaten Bengkalis.
Pantai ini memanjang dari timur ke barat dan berhadapan langsung dengan Tanjung Rusa di Port Dickson–Malaysia. Daerah pantai yang memiliki kelompok tanah mineral dengan tingkat perkembangan muda, baik dengan ciri hidromorfik maupun tanpa ciri hidromorfik.



Pantai Utara ini dapat melihat kapal-kapal nasional dan internasional yang melintas, hal ini didukung keadaan laut yang memiliki kedalaman 10-30 meter.
Saat berkunjung ke Pantai Pesona Desa Teluk Rhu Pulau RupatUtara, masih relatif sulit khususnya transportasi dari Pelabuhan Tanjung Medang Pulau Rupat menuju desa Teluk Rhu sebagai salah satu lokasi wisata di pantai Pesona tersebut.
Ketidak-tersediaan kendaraan umum akhirnya tertutupi oleh masyarakat yang menyediakan ojek kendaraan roda 2 dengan ongkos saling tawar-menawar.
Transportasi menuju Pulau Rupat sendiri sebenarnya sudah lancar dengan tersedianya kapal speedboat, kapal RoRo, maupun kapal pompong dari beberapa pelabuhan lain menuju Rupat.
Kemudian ada juga kapal Roro dari Dumai menuju pelabuhan Tanjung Kapal di Rupat Selatan yang dapat melanjutkan perjalanan darat menuju Pantai Pesona di Desa Teluk Rhu.
Rute perjalanan lainnya adalah menggunakan speedboat dariBengkalis menuju pelabuhan Tanjung Medang maupun kapal pompong yang akan berlabuh di Kadoor (Kadur).
Semua usaha untuk mencapai lokasi Pantai Pulau Rupat yang telah bernama Pantai Pesona ini sungguh terobati dengan keindahan alamnya. Pantai pasir yang memanjang 12 km dan cukup datar sangat asyik untuk bermain bola atau permainan lainnya.
Kondisi pantai Pesona ini mirip dengan kondisi Pantai Sanur di timur Bali dengan pasir yang datar. Jika kondisi cuaca bagus di malam hari, akan terlihat cahaya-cahaya lampu di Port Dickson Malaysia.
Pantai Pesona Pulau Rupat ini menjadi salah satu dari lima daerah unggulan wisata dalam MasterPlan Pariwisata Nasional untuk Propinsi Riau yaitu Pulau Rupat, Candi Muara Takus, Istana Kesultanan Siak, Bukit 30 dan Kota Pekanbaru.
Khusus Kota Pekanbaru lebih mengandalkan kepada Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE), sedangkan 4 daerah lainnya mengandalkan wisata alam, wisata sejarah, dan wisata religius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar