Jumat, 11 Maret 2016

Pantai Sorake, Sumatera Utara

Setelah ulasan tentang Pulau Weh dan Pulau Rubiahsebelumnya, kali ini masih seputar laut dan pantai yang jadi andalan pariwisata di Aceh. Wisata pantai di Aceh memang tak ada habisnya, salah satunya adalah pantai Lampuuk (baca: Lampu'uk). Memang bukan pantai dan laut saja yang menjadi ikon wisata provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), namun untuk objek satu ini rasanya sangat wajib untuk dikunjungi saat berada di NAD khususnya Banda Aceh. Jadi disarankan untuk mencantumkan pantai yang dijuluki “Kuta”nya Aceh ini kedalam list traveling anda.

Pantai Lampuuk terletak di pantai barat Aceh tepatnya di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Pantai itu berada di jalur Banda Aceh Calang (Aceh Jaya) atau sekitar 20km dari kota Banda Aceh. Untuk menuju ke pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia ini memang agak sulit. Sebab tidak ada angkutan umum untuk sampai kesini. Jadi satu-satunya cara ialah dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh lebih kurang setengah jam ke arah Meulaboh. Tenang saja, kondisi jalan menuju pantai ini sangatlah bagus. Hal ini mungkin dikarenakan oleh rehabilitasi sarana dan prasarana khususnya jalan raya di Aceh pasca tragedi Tsunami 2004 silam. Maklum saja, lokasi ini merupakan salah satu tempat yang terparah dihantam gelombang besar Tsunami.



Namun sekarang kenangan pahit tersebut mulai berangsur pulih. Geliat pariwisata di Aceh perlahan semakin pesat. Terlihat dari berbagai fasilitas di Pantai Lampuuk ini yang semakin baik. Kini, para pengunjung bisa menikmati lagi keindahan alam di pantai Lampuuk yang sempat luluh lantah ini. Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang sekitar 5 kilometer dan membentuk sebuah teluk kecil. Dengan pasir putih bersih nan lembut, air laut berwarna biru kehijauan, dan ombak yang cukup besar benar-benar cocok untuk refreshing. Ke arah daratan terdapat pepohonan pinus yang rimbun dan lebih jauh lagi terlihat deretan pegunungan yang hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar